Posted on

Tips Atasi Herpes Menggunakan Essential Oil

"Pernah mendengar atau terkena herpes?"

Tips Atasi Herpes Menggunakan Essential Oil

Herpes merupakan nama kelompok virus herpesviridae yang dapat menginfeksi manusia. Infeksi virus herpes dapat ditandai dengan munculnya lepuhan kulit dan kulit kering.

Jenis virus herpes yang paling terkenal adalah herpes simplex virus atau HSV. Herpes simplex dapat menyebabkan infeksi pada daerah mulut, wajah, dan kelamin (herpes genitalia).

Kali ini kita akan berbagi tips untuk mengurangi nyeri yang ditimbulkan oleh herpes. Dikutip dari situs alodokter, tips-tips berikut ini dapat dilakukan selama masa penyembuhan herpes, antara lain yaitu:

1. Mengonsumsi paracetamol atau ibuprofen sebagai obat pereda nyeri
2. Mandi dengan menggunakan air suam
3. Kompres dengan air hangat atau atau air dingin pada kulit yang terkena.
4. Menggunakan pakaian dalam berbahan katun.
5. Menggunakan pakaian longgar.
6. Menjaga area koreng tetap kering dan bersih.

Bisa juga loh essential oil untuk membantu proses penyembuhan luka yang ditimbulkan oleh herpes. Lemon oil merupakan varian essential oil yang bisa diandalkan untuk mengatasi masalah tersebut. Kandungan flavonoid, fenolik, vitamin C & E pada lemon oil membantu menyembuhkan lepuh herpes.

Bagaimana Cara Penggunaan Lemon Oils Untuk Herpes?

Pertama-tama siapkan wadah semisal gelas kaca ukuran kecil, lemon oil dan olive oil yang berfungsi sebagai minyak penghantar. Sebagai informasi, olive oil kaya akan antioksidan yang dapat dan berguna untuk membantu menyembuhkan luka herpes.

Kemudian tuang 1 hingga 2 tetes lemon oil kedalam wadah kaca. Lalu tuang 4 sendok teh carrier oil atau minyak penghantar berupa olive oil. Aduk keduanya hingga merata. Kemudian oles tipis pada permukaan kulit yang terkena herpes menggunakan kapas. Jika Anda merasakan sensasi seperti terbakar, jangan khawatir, hal ini terjadi sebentar saja.

Mengapa perlu menggunakan minyak penghantar?

Minyak essential oil adalah minyak yang sangat pekat, jika menggunakan secara topikal pada kulit dapat menyebabkan iritasi atau gatal-gatal. Hal ini biasanya terjadi pada kulit sensitif, namun ada juga yang kulitnya tidak bereaksi apa-apa atau biasa saja tanpa minyak penghantar. Penggunaan Carrier oil (minyak pelarut) berfungsi untuk melarutkan (mencairkan) essential oil dan minyak lainnya sebelum aplikasi topikal. Istilah carrier oil berasal dari fakta bahwa minyak ini berfungsi untuk membawa atau menghantar (carry) minyak esensial agar bisa digunakan ke kulit agar terhindar dari iritasi atau gatal-gatal.  Artikel Tips Atasi Herpes Menggunakan Essential Oil diolah dari berbagai sumber 1 2 3

Testimoni - TIPS ATASI HERPES MENGGUNAKAN ESSENTIAL OIL