Posted on

Pertolongan Pertama Pada Demam Anak

Pertolongan pertama pada demam anak saat masa pandemi seperti saat ini, rumah sakit dan fasilitas kesehatan adalah tempat yang paling berisiko dan sebisa mungkin harus dihindari. Semenjak angka penularan Covid-19 terus beranjak naik, para dokter menghimbau masyarakat untuk tidak ke rumah sakit kecuali keadaan darurat. Ketika anak demam orang tua otomatis akan panik karena ini merupakan kondisi tubuh untuk menunjukkan ada hal yang tidak normal terjadi di dalam tubuh. Demam adalah ketika suhu tubuh berada melebihi suhu normal. Suhu normal pada umumnya 35-36,5 derajat Celcius.

Adapun tindakan yang dapat dilakukan ketika anak mengalami demam adalah dengan pertolongan pertama ketika demam, yaitu dengan:
1. Memberikan ASI atau minum air putih yang banyak, salah satu penyebab demam akibat anak lupa minum karena keasikan bermain.
2. Gunakan pakaian yang longgar dan jangan membedong anak dengan selimut tebal atau memakaikan kaos kaki. Hal ini akan membuat tidak terjadi penguapan dari tubuhnya padahal suhu tubuhnya sedang naik.
3. Setelah 1-2 jam diamati suhu tubuh anak tidak kunjung turun maka berikan obat penurun demam yaitu paracetamol. Adapun dosisnya 10mg/kg berat badan anak. Obat ini boleh diberikan tiap 8 jam kalau memang panas.

Itu lah beberapa tips pertolongan pertama bagi anak yang sedang mengalami demam. Jika kondisi anak belum juga membaik ada baiknya konsultasikan ke dokter.

Referensi: parentstory.com