Posted on

Essential Oil Untuk Masuk Angin

"Masuk Angin Dari Sudut Pandang Medis"

Banyak orang menyebut sedang “masuk angin” ketika merasa dirinya dalam kondisi sakit. Hal ini sudah umum dan turun temurun di masyarakat. Istilah ini menggambarkan keluhan yang dialami seseorang apabila menggigil, nyeri otot, perut kembung, pegal-pegal serta demam. Sebelum kita masuk pada penjelasan cara penggunaan essential oil untuk masuk angin, ada baiknya kita simak penjelasan “masuk angin” dari sudut pandang medis?

Masuk Angin Dari Sudut Pandang Medis

Masuk angin bukan akibat dari banyak nya angin masuk ke dalam tubuh. Melainkan disebabkan oleh beberapa sebab dari keluhan yang dirasakan. Biasanya “masuk angin” disebabkan menurunya daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh menurun maka akan rentan terhadap virus dan bakteri.

Kurangnya paparan sinar matahari bisa membuat produksi vitamin D di dalam tubuh menurun. Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang berperan dalam daya tahan tubuh, selain omega-3 dan vitamin C.

Turunnya daya tahan tubuh dapat menyebabkan penyakit dengan gejala seperti yang dikatakan orang sebagai “masuk angin”. Umumnya gejala yang dirasakan seperti menggigil, sakit kepala, pilek, batuk, nyeri otot, demam, perut kembung, merasa lemas, sering sendawa, dan buang angin.

Ada dua varian yang bisa digunakan untuk atasi masuk angin yakni peppermint dan ginger. Ada 3 cara penggunaan essential oil untuk mengatasi masuk angin. Yuk simak penggunaannya.

  1. Dioles
    Tuangkan 1-2 peppermint atau ginger oil ke telapak tangan lalu oleskan ke bagian dada, punggung, serta telapak kaki.
  1. Diffuser
    Cara lainnya adalah dengan menggunakan alat diffuser. Untuk cara ini cukup campurkan 3-4 tetes peppermint atau ginger oil ke dalam alat diffuser dengan kapsitas 200 ml yang sudah terisi air mineral.
  1. Hirup langsung dari botol
    Menghirup aroma peppermint atau ginger oil juga bisa dilakukan untuk memberikan efek langsung ke dalam tubuh.

Selamat mencoba dan merasakan manfaatnya.