Posted on

Cara Mengatasi Rasa Malas

Cara Mengatasi Rasa Malas? Rasa malas sebenarnya merupakan hal yang normal, namun sebaiknya tidak dibiarkan berlarut-larut karena bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Dampak rasa malas ini bisa membuat pikiran menjadi tidak fokus, menurunkan kinerja, dan dapat berpengaruh pada kesehatan dan kehidupan. Ada beberapa cara mengatasi rasa malas yang mudah dilakukan agar menjadi lebih produktif.

1. Lakukan aktivitas fisik
Penelitian membuktikan bahwa aktivitas fisik atau olahraga dapat membuat pikiran seseorang menjadi lebih fokus. Selain itu, olahraga teratur juga terbukti dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi dalam jangka panjang.

2. Lakukan meditasi
Melakuan meditasi dalam waktu yang singkat tapi rutin diketahui dapat membuat pikiran lebih mudah berkonsentrasi. Selain itu, meditasi membuat bisa lebih tenang dan akhirnya bisa mengelola perasaan dengan baik, termasuk membuang rasa malas.

3. Lawan rasa malas
Guna mengatasi rasa malas, cobalah melakukan hal yang menarik hati yang dapat membuat rasa senang, sehingga semangat pun berangsur-angsur kembali.

4. Jalani hobi
Rutin menyisakan waktu untuk melakukan hobi dapat membuat bahagia, termotivasi, dan menikmati hidup.

5. Tidur dan istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup setiap kali selesai mengerjakan sesuatu. Tubuh perlu asupan tenaga lagi di sela-sela kegiatan, sehingga tidak kelelahan dan malas untuk beraktivitas lagi. Selain itu, sebaiknya tidur 7-9 jam setiap malam agar tubuh terasa segar.

6. Menikmati indahnya alam
Penelitian membuktikan bahwa menikmati alam dengan melihat tanaman, seperti pepohonan, padang rumput, atau bunga, bisa mengembalikan semangat dan membuat pikiran menjadi lebih jernih.

Rasa malas juga bisa timbul karena keadaan tubuh yang kurang prima. Oleh karena itu, ubah gaya hidup menjadi lebih sehat, seperti banyak minum air putih, menghindari makanan manis dan tinggi lemak, makan makanan tinggi protein, serta berhenti merokok.

Referensi: 1