Posted on

Aplikasi Topikal Essential Oil

Aplikasi Topikal Essential Oil

Beberapa tahun terakhir Essential Oil cukup trend dikalangan masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari tingginya angka pembelian di marketplace dan munculnya beragam merk Essential Oil. Namun sebagian masyarakat awam ada yang masih bingung dengan cara penggunaan essential oil. Kali ini, nares.id akan menjelaskan salah satu cara paling umum menggunakan esential oil.

Penggunaan EO (Essential Oil) secara topikal adalah aplikasi EO yang dioles langsung pada kulit. Dalam praktik nya kita harus memperhatikan beberapa hal agar tidak menimbulkan iritasi bagi jenis kulit tertentu. Penggunaan essential oil pada kulit secara topikal untuk jenis kulit sensitif perlu memperhatikan 3 hal, yaitu :

  1. Siapkan carrier oil (minyak penghantar) bisa menggunakan choconut oil.
  2. Siapkan essential oil nares
  3. Wadah kaca

Rasio Pengenceran

  1. Untuk Dewasa, takaran 2,5% pengenceran yaitu 15 tetes essential oil nares dicampur dengan 6 sendok teh carrier oil.  Untuk anak-anak, takaran 2,5% pengenceran yaitu 3 Р6 tetes essential oil nares dicampur dengan 6 sendok teh carrier oil.
  2. Aduk rata didalam wadah kaca yang telah disediakan.
  3. Oles pada bagian tubuh tertentu.

Petunjuk penggunaan diatas adalah solusi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Sebab essential oil bisa menimbulkan iritasi bagi kulit sensitif. Bagaimana jika kulit Anda termasuk jenis kulit yang tidak sensitif? Apakah perlu mencampurkan essential oil dengan carrier oil (minyak penghantar). Simak penjelasan berikutnya dibawah ini.

Rekomendasi Dosis Harian Dan Durasi Pemakaian

Selain rasio pengenceran (dilution ration), juga perlu diperhatikan rekomendasi dosis harian (RDD), dan durasi pemakaian (duration guidelines). Ketiga hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit. Informasi dilution ratio sudah diinformasikan sebelumnya, hal ini solusi penggunaan essential oil untuk kulit sensitif.

Adapun rekomendasi dosis harian untuk kulit yang tidak sensitif dapat digunakan dengan maksimal penggunaan 2 tetes. Tanpa perlu dicampur dengan carrier oil atau minyak penghantar. Durasi pemakaian essential oil secara topikal dapat digunakan 3 kali dalam sehari. Bagi yang memiliki kulit sensitif haruslah lebih berhati-hati. Selalu lakukan skin patch test terlebih dahulu untuk melihat apakah ada reaksi kulit terbakar atau iritasi dalam waktu 24 jam kedepan. Demikian langkah awal mengenal aplikasi topikal essential oil semoga bermanfaat.