Posted on

8 Manfaat Bunga Kenanga & Efek Sampingnya

"Bunga Kenanga Atau Ylang Ylang"

8 Manfaat Bunga Kenanga & Efek Sampingnya

Bunga kenanga (Cananga odorata) merupakan salah satu tanaman yang menjadi bahan baku essential oil. Bunga ini berasal dari beberapa negara di Asia Tenggara khususnya Filipina, Thailand dan Indonesia. Adapun bunga kenanga yang terkenal untuk essential oil adalah dari spesies Cananga odorata forma genuina dan Cananga odorata forma fruticosa yang menghasilkan minyak ylang-ylang.

Bunga kenanga yang berwarna kuning kehijauan dan kuning dapat menghasilkan minyak dengan kualitas yang baik. Kenanga merupakan tumbuhan berbatang besar sampai diameter 0,1-0,7 meter dengan usia puluhan tahun. Sekilas penampilan bunga kenanga menggulung seperti bentuk bintang laut.

Bunga kenanga terdiri dari enam lembar daun dengan mahkota berwarna hijau kekuningan serta dilengkapi tiga lembar daun berwarna hijau. Dasar bunganya berbentuk bundar pipih dan mengembung sedangkan benang sari jumlahnya banyak, bertangkai pendek dan tersusun dalam gulungan spiral. Putik bunga bertangkai pendek, berkepala bundar dan berlendir.

Ylang-ylang atau bunga kenanga yang harum semerbak dan kesan aroma mistisnya juga memiliki banyak manfaat, diantaranya:

1. Mengatasi gangguan kecemasan
Sebuah riset membuktikan bahwa bunga kenanga bisa meningkatkan suasana hati karena aromanya yang menenangkan.

2. Mengatasi kulit kepala kering
Sebuah penelitian yang diterbitkan Indian Journal of Dermatology membuktikan bahwa bunga kenanga mampu mengatasi kulit kering. Hal ini dikarenakan, bunga kenanga dapat merangsang produksi sebum.

3. Menenangkan pikiran
Menghirup aroma ylang-ylang oil dipercaya dapat menangkan pikiran.

4. Mengatasi hipertensi
Suatu penelitian menunjukkan menghirup ylang-ylang oil dapat membuat tekanan darah tinggi turun, dan hormon stres (kortisol) berkurang.

5. Mengobati infeksi jamur
Bunga kenanga mengandung linalool, senyawa yang memiliki efek antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi.

6. Meredakan stress
Jurnal Phytotherapy Research, membuktikan mengoleskan ylang-ylang oil ke kulit maupun menghirupnya disebut dapat meredakan stres.

7. Menghilangkan eksim
Cukup dioles pada kulit yang terkena eksim. Bisa dengan bantuan kapas dan dilakukan setiap malam sebelum tidur.

8. Meningkatkan libido
Banyak yang berpendapat & percaya bahwa ylang-ylang sebagai obat tradisional untuk meningkatkan libido. Namun hal ini belum terbukti ilmiah, ada baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu kepada pakar atau dokter bila Anda merasakan penurunan libido.

Alergen (pemicu alergi) pada bunga kenanga yakni isoeugenol. Isoeugenol ini dapat menyebabkan dermatitis kontak serta iritasi kulit. Penggunaan minyak bunga kenangan yang dioles langsung pada kulit tanpa dicampur minyak carrier bisa memicu alergi kulit. Disarankan untuk mencampurkan minyak bunga kenanga dengan minyak carrier sebelum mengoleskannya ke kulit.

Atau apabila ingin dioles tanpa campuran carrier oil, maka oleskan dahulu ke satu bagian kulit kecil untuk melihat potensi reaksi alergi. Tanda-tanda alergi akan muncul pada kulit sensitif apabila minyak kenanga dioles tanpa dicampur carrier oil. Jika tanda alergi tidak muncul berarti jenis kulit Anda tidak sensitif.

Waspada, jauhkan bunga kenanga atau minyak bunga kenanga dari jangkauan anjing dan kucing, karena bunga ini beracun bagi keduanya.

Penggunaan yang aman untuk memetik manfaat bunga kenanga dan atau minyak bunga kenanga adalah dengan berkonsultasi pada pakar atau dokter. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek samping merugikan bagi kesehatan.

Demikian uraian 8 Manfaat Bunga Kenanga & Efek Sampingnya yang diolah dari berbagai sumber 1 2 3