Posted on

4 Hal Penyebab Rambut Rontok

Menemukan banyak rambut yang rontok ketika keramas atau ketika menyisir adalah masalah bagi kita. Rambut rontok secara berlebihan, tentunya akan mengakibatkan kebotakan. Banyak faktor yang menyebabkan rambut rontok, diantaranya karena pertambahan usia, kondisi medis, faktor keturunan, atau akibat proses kimia yang pernah dilakukan, seperti mewarnai dan meluruskan rambut secara permanen. Selain faktor yang sudah disebutkan diatas tadi, masalah rambut rontok juga dapat terjadi antara lain karena:

1. Kurang asupan gizi
Gizi yang kurang baik menyebabkan helai rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan rapuh, sehingga rambut menjadi rontok. Hal ini bisa saja terjadi karena kekurangan zat zink dan protein yang dibutuhkan oleh rambut.

2. Perubahan hormon
Ada perubahan hormonal bisa juga menjadi penyebab kerontokan. Perubahan hormon karena kehamilan, persalinan, menopause dan gangguan tiroid yang bisa menyebabkan kerontokan.

3. Efek samping obat-obatan
Obat-obatan yang dikonsumsi juga bisa menjadi salah satu penyebab rambutmu rontok. Seperti contoh, obat-obatan yang biasa digunakan untuk menangani depresi, gangguan jantung, dan tekanan darah tinggi.

4. Pengaruh psikologis
Kondisi psikologis seperti stres, depresi, atau tekanan fisik yang berat akan menyebabkan rambut rontok. Akan tetapi, kerontokan karena kondisi psikologis tidak akan sampai membuat orang yang mengalaminya botak, dan bisa berkurang dengan sendirinya tanpa penanganan medis.

Referensi: halodoc.com

Lemongrass Oil Untuk Atasi Rambut Rontok

Tips tentang cara penggunaan lemongrass oil untuk mengatasi rambut rontok. Pertama-tama pastikan rambut sudah bersih atau keramas terlebih dahulu. Selanjutnya teteskan pada telapak tangan 3-4 tetes lemongrass oil kemudian usap dan oleskan pada kepala sambil dipijat ringan ke kulit kepala.